PENGERTIAN DAN TANGGUNG JAWAB OPERATOR SEKOLAH (OPS)



OPERATOR adalah staf tata usaha atau tenaga administrasi yang mungkin sekarang biasa disebut operator, pekerjaan operator pun bervariasi dan selalu bergelut dengan laptop,data dan laporan yang kadang dikejar target harus selesai tepat waktunya. namun kadang ada hal lainnya yang orang lain tidak tau sebanyak apa pekerjaan operator ketika pekerjaan itu tidak selesai disekolah kemudian dibawa kerumah untuk dikerjakan kembali mengingat waktu akhir pelaporannya sudah ditentukan dan otomatis itu membuat operator harus kerja ekstra tanpa kenal waktu mengingat tugasnya melaporkan data mengenai guru, siswa dan sekolah adalah tanggung jawabnya yang besar.

Apa sajakah pekerjaan pokor operator? Ok kita jelaskan, operator sebenarnya diberikan tugas pokok utamannya adalah DAPODIK yang artinya "Data Pokok Pendidikan" dimana operator harus mengelola DAPODIK dimulai dari keadaan sekolah, data guru, data siswa dan keterangan sekolah. semua yang diinput ke DAPODIK harus real sesuai faktanya karena data tersebut akan selalu kita update atau singkronisasi mengirim data keserver pusat untuk dijadikan acuan yang mana nantinya data-data tersebut akan dikelola untuk dana BOS, Tunjangan Profesi Guru, dan Pengajuan Rehab atau pembangunan sarana prasarana.





DAPODIK juga menjadi tumpuan dan tanggung jawab yang besar bagi operator, karena sedikit kesalahan itu akan menghambat pencairan tunjangan profesi guru atau pencairan dana BOS. jadi dalam mengelola DAPODIK harus penuh ketelitian dan tau jadwal CUT OFF singkronisasi data. Operator juga tidak hanya mengelola DAPODIK setiap hari namun pekerja pun silih berganti datang seperti aplikasi PMP (Penjamin Mutu Pendidikan) yang nanti harus diinput oleh operator, tapi sebelum menginput operator harus mengunduh format KUISIONER berisi soal yang nanti akan dibagikan ke Kepala sekolah, guru, pengawas, siswa dan komite karena hasill pengisiannya itu harus diinputkan kedalam aplikasi PMP yang jumlahnya tidak sedikit dan itu membutuhkan kesabaran ekstra bagi operator.








Operator juga tidak hanya mengelola DAPODIK dan PMP banyak pula yang harus dikelola seperti Verval PTK, Verval PD, Manajemen, Verval SP, Sikepel dan Dapodikdasmen.jadi jangan pernah menganggap remeh operator karena mereka bisa kerja lebih dari 24 jam jika ada tugas yang harus dikerjakan dalam waktu singkat.

Berapakah gajih operator jika pekerjaannya banyak? kalau masalah gajih tentunya sama aja dengan GTT atau honorer lainnya dan mungkin tidak perlu dijelaskan bagi sobat yang sama statusnya guru atau operator honorer pasti tau berapanya 😃.






Namun sekarang-sekarang ini aplikasi yang harus dikerjakan operator semakin bertambah seperti E-RKAS Online 😃, memang pada dasarnya aplikasi E-RKAS itu seharusnya dikerjakan oleh bendahara karena menyangkut laporan keuangan tapi sebagian besar tidak semua bendahara itu mengerti laptop atau gaptek dengan hal yang berbasis teknologi. jadi mau ga mau kadang operator yang harus menginputkan kedalam aplikasi E RKAS.

Apakah operator mendapatkan tunjangan diluar dari gajih? Tentu Operator juga mendapatkan tunjangan yang disebut TUKIN TUTT, mulai tahun 2018 operator sekolah mendapatkan tunjangan dengan beberapa syarat seperti :

  • Sudah masuk DAPODIK
  • Masa Minimal sudah 2 tahun
  • Dan benar-benar aktif bekerja



Namun tunjangan TUTTT berubah peraturan untuk tahun 2019 sekarang dibayarkan perbulan tidak seperti tahun lalu yang dibayarkan setiap 3 bulan sekali dengan jumlah Rp. 300.000 yang tidak membedakan pendidikan terakhirnya apa mau itu SMA atau S1. berbeda tidak seperti guru honorer mulai dari S1 mendapatkan tunjangan sebesar RP. 325.000 pada tahun 2017 dengan perbedaan jumlah yang dibayarkan dimulai dari ijazah SMA sampai S1 sesuai pendidikan terakhirnya. 




Operator dalam sebulan mungkin hanya menerima gajih dan tunjangan saja dengan tanggung jawabnya yang begitu besar seperti penjelasan diatas, sampingannya mungkin ada pekerjaan orang lain yang dimintai tolong kalau itu harus lembur dengan mendapatkan upah sesuai pengertian dari yang bersangkutan.

Apakah operator harus terlibat ketika ada kegiatan atau mengisi kelas ketika gurunya berhalangan hadir kesekolah? kalau untuk kegiatan kita bisa ikut karena mungkin itu bagian dari sekolah tempat kita bekerja tapi untuk mengisi ruang kelas yang tidak ada wali kelasnya mungkin itu tidak harus juga karena operator tidak ada pendidikan untuk mengajar jadi tugasnya hanya mengelola data, berkas dan laporan saja terkecuali operator tersebut mempunyai kemampuan mengajar jika pengalamnya pernah kuliah dipendidikan jadi bisa mengajar.

Operator mungkin bisa disebut multi fungsi dan menguasai laptop serta internet, mengingat tugas operator sekarang semakin berat dengan datangnya berbagai aplikasi dan pengelolaan data yang benar-benar harus valid. 

Mudah-mudahan kedepannya operator juga benar-benar diperhatikan dari segi upah kerjanya dan jam kerjanya yang tidak mengenal waktu. untuk itu para operator harus selalu semangat dan tetap ikhlas menjalankan tugasnya seberat apa pun itu. karena allah akan selalu melindungi kita dan melihat orang-orang yang mau bekerja. sekecil apa pun itu hasilnya dan sebesar apa pun itu hasilnya tetap disyukuri karena kita harus yakin suatu saat perubahan itu pasti.





Terima kasih sudah berkunjung ✋✋😃 SALAM SATU DATA




No comments

Harap Sopan ya Gan and sis.... :)

Powered by Blogger.