MEMBUAT APLIKASI TANPA CODING MELALUI WEB

Indonesia merupakan salah satu surga smartphone Android. Puluhan juta pengguna Android saat ini ada di Indonesia. Pangsa pasar yang begitu besar tentu sayang sekali jika dibiarkan.

Mungkin sebagian di antara kamu mengira membuat aplikasi Android itu susah, harus jago coding, harus jago Java, harus anak ilmu komputer, dan lain-lain.

Namun sekarang tidak lagi, karena sudah ada banyak aplikasi maupun situs yang memungkinkan kita membuat aplikasi Android dengan mudah. Tanpa repot-repot belajar Java, tanpa harus jago coding, tanpa harus jadi anak ilmu komputer, cukup drag and drop dan beberapa pengaturan sedikit, kamu bisa membuat aplikasi Android sendiri. Yuk, simak paparannya berikut ini.

1. Appery.io

Appery.io adalah salah satu situs yang pertama kali menawarkan pengembangan aplikasi mobile enterprise dengan backend service terintegrasi dan kaya akan plugin API yang akan menyederhanakan integrasi dengan service cloud dan sistem enterprise. Appery.io menggabungkan kemudahan pengembangan visual dengan kekuatan dari JavaScript untuk membuat aplikasi mobile di berbagai perangkat dengan cepat.

Appery.io sudah cukup dikenal di dunia pengembangan aplikasi mobile. Lebih dari 30 situs pernah membahas Appery.io dalam artikelnya sejak tahun 2012. Beberapa di antaranya ialah InfoWorld, SDTimes, TechTarget, CloudTimes, ChinaTimes, infoTech, ComputerWorld, dll.

Appery.io memiliki 5 pilihan paket, yaitu Starter, Standard, Pro, Premium, dan Enterprise. Untuk pengguna awal, kita bisa menggunakan paket Starter yang tersedia gratis untuk 1 aplikasi dengan maksimum 3 halaman. Meskipun gratis, Appery.io tetap memberikan jatah 1.000.000 API call, penyimpanan 1GB, serta tetap memberikan dukungan melalui Customer Service maupun Technical Servicenya. Lebih detail tentang harga tiap paket kunjungi halaman http://appery.io/pricing/.

Karena Appery.io tersedia melalui cloud, maka tidak perlu ada yang kita unduh atau pasang, yang kita butuhkan hanya peramban web terkini agar fitur-fitur Appery.io dapat berjalan dengan baik. Tersedia editor visual untuk melakukan drag and drop komponen untuk membangun antarmukanya. Setelah selesa,i aplikasi yang dibuat tidak hanya tersedia untuk Android, tetapi juga iOS dan Windows Phone.





2. AppMachine

Selanjutnya adalah AppMachine. Situs ini dapat kita gunakan untuk membuat aplikasi Android dan iOS dengan tampilan profesional. AppMachine menyediakan antarmuka drag and drop dan dikombinasikan bersama berbagai macam building block yang menawarkan beragam fitur, seperti informasi, foto, video, dll.

Sayangnya, menggunakan AppMachine cukup menguras kantong. Agar dapat membuat aplikasi Android kita harus mendaftar di paket Plus, sedangkan paket paling murah yaitu Basic hanya menyediakan aplikasi HTML5.





3. AppMakr

Dengan AppMakr kita bisa membuat aplikasi Android berkualitas tanpa coding. Aplikasi yang dibuat juga dirilis atas nama kita, bukan atas nama AppMakr. Kita bisa menggunakan AppMakr secara gratis dengan adanya iklan di aplikasi yang kita buat, atau apabila tidak ingin ada iklan di aplikasi yang kita buat, serta fitur-fitur lainnya, kita bisa mendaftar salah satu dari dua paket berbayar.

AppMakr tersedia dalam 14 bahasa Internasional yaitu bahasa Inggris, Arab, Mandarin, Spanyol, Perancis, India, Jepang, Persia, Portugis, Sinhala, Tamil, Thailand, Turki, dan Indonesia.

Seperti situs lainnya, AppMakr memiliki antarmuka yang memudahkan kita dalam membuat aplikasi Android, cukup drag komponen dari sebelah kiri ke jendela smartphone yang ada ditengah. Header, ikon, serta gambar latar belakang pun juga tersedia.





Diambil dari - Liputan6.com, Jakarta 

No comments

Harap Sopan ya Gan and sis.... :)

Powered by Blogger.